1001 Contoh Interview Bahasa Inggris Beserta Artinya (Fresh & Pengalaman)

Judul di atas hanyalah kata kiasan arti dari beribu cara untuk dapat melewati wawancara HRD dengan jawaban dialog singkat agar bisa lolos test interview dan dapat diterima kerja.

Interview merupakan salah satu faktor penentu diterima tidaknya para pelamar kerja, jadi bila kamu lancar dalam menanggapi wawancara lebih dari calon karyawan lainnya maka kemungkinan besar akan lulus tes dan menjadi pegawai dalam perusahaan tersebut.

contoh interview dalam bahasa inggris beserta artinya

Merasa tidak percaya diri karena belum pernah melakukan interview dalam menggunakan bahasa inggris?

Atau mungkin sudah sering melamar pekerjaan namun masih ditolak karena terkendala dialog yang digunakan bahasa inggris?

Apapun itu masalahnya semoga setelah membaca contoh interview dalam bahasa inggris rasa ketidak percaya diri kamu akan membaik karena lebih paham dan mengerti artinya.

Jangan pernah minder dan tetap percaya diri karena tidak semua pabrik atau perusahaan memilih calon karyawan yang sudah berpengalaman.
Ada juga beberapa dari mereka membutuhkan tenaga kerja yang masih awam, namun mungkin akan diberikan jabatan yang cukup rendah tergantung pendidikan akhir atau pengalaman dari calon karyawan tersebut.

Contoh Interview Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Kebanyakan orang belum pernah melakukan wawancara lamaran kerja pasti merasa grogi saat akan melakukan interview karena khawatir dihujani oleh pertanyaan yang jawabannya diluar batas pengetahuan kita.
Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya tidak se-horor yang kamu fikirkan dari pada kenyataannya nanti. Jika kamu mempersiapkannya dan membaca info di artikel ini.

Tujuan Interview

Arah tujuan dari dialog interview adalah untuk menyeleksi para calon pekerja apakah memang tempat pekerjaannya cocok dengan potensi dan pribadinya.

Maka dari itu perusahaan selalu membagi beberapa pekerjaan yang berbeda – beda sesuai dengan kemampuan dan pendidikan karyawan.

Berikut ini adalah beberapa poin penting tujuan wawancara kerja:

  • Untuk mengenal pribadi yang dimiliki pelamar.
  • Mengetahui apakah kemampuan pelamar sesuai dengan jabatan yang akan diberikan.
  • Mencari informasi relevan calon karyawan atas tuntutan kerja berdasarkan jabatannya.
  • Mengorek informasi yang diperlukan perusahaan.
Kemungkinan besar pertanyaan hanya akan diperuntukkan pada informasi yang kamu miliki seperti pengalaman kerja, pribadi dan lain sebagainya yang masih berhubungan denganmu meskipun menggunakan bahasa inggris.

Pertanyaan yang mungkin akan muncul

Untuk menambah keberanian kamu berikut ini adalah beberapa pertanyaan singkat yang sering diajukan bagi calon karyawan dalam bahasa inggris.

1. Welcome, please introduce yourself and your experience  (Selamat datang, silahkan perkenalkan diri anda dan pengalaman anda)

Pasti yang pertama muncul adalah pertanyaan tentang penjelasan diri kamu seperti riwayat kerja, pengalaman yang dimiliki serta data diri.

Jangan pernah meremehkan pertanyaan ini karena setiap yang kamu ucapkan adalah gambaran atas dirimu sendiri jadi jawab apa adanya sesuai dengan pengalaman yang memang pernah kamu lalui dan pengetahuan yang kamu miliki.

Ingat jangan pernah melebihkan atau mengurangi kualitas pada dirimu, jawab dengan padat, singkat, jelas dan tegas serta tidak usah bertele-tele karena mereka hanya ingin mengetahui kualitas bekerja, pengalaman kerja dan seberapa besar pengetahuanmu saja, tidak dengan pribadi kamu.

Kamu gunakan kalimat di bawah ini sebagai contoh awal pembicaraan nanti.

My name is Adi Setiawan, I live on **** date of birth **** and now my age is **. I previously worked as a **** in a **** company for three years. I also previously worked at a **** for two years.

 I graduated from **** unversity majoring in language **** so my interests and experiences tend to be more foreign languages.

Artinya: Nama saya Adi Setiawan, saya tinggal di **** tanggal lahir **** dan sekarang umur saya ****. Sebelumnya saya bekerja sebagai **** di perusahaan **** selama tiga tahun. saya juga pernah bekerja di perusahaan **** sebagai **** selama dua tahun.

Saya lulusan dari universitas **** dengan jurusan **** sehingga minat dan pengalaman saya cenderung ke bahasa asing.

2. Apa alasan anda keluar dari perusahaan yang pernah memperkerjakan anda.

Apakah ini pengalaman pertama kamu bekerja? Bila iya maka katakan seperti contoh ini.

This is my experience working.

Artinya: Ini adalah pengalaman saya bekerja.

Bila memang saat itu kamu dipecat karena sebuah kesalahan maka akui saja dan cerita dengan apa adanya sebab biasanya meskipun perusahaan satu sama lain bersaingan namun tidak sedikit pemilik dari perusahaan tersebut adalah teman bisnis.

Jadi lebih baik mengakui kekurangan dari pada tertangkap basah tidak mau mengakui kecurangan.

Namun bila waktu itu kamu dikeluarkan tanpa sebab yang pasti, atasan bermain curang atau sengaja keluar karena sudah tidak cocok, tidak usah menjelek – jelekkan perusahaan yang pernah mengerjakan kamu.

At that time I was expelled because I had made mistakes being late for work four times due to cessation, indeed I admit that I was wrong at that time but after that I tried hard to compensate for my own shortcomings and was ready and really working.

Artinya: Saya waktu itu dikeluarkan karena pernah melakukan kesalahan telat masuk kerja sebanyak empat kali yang disebabkan oleh mancet, memang saya akui saya salah saat itu namun setelah itu saya berusaha keras mengimbangi kekurangan diri sendiri dan siap serta bersungguh – sungguh bekerja.

Bila kamu saat itu sengaja keluar disebabkan oleh pengalaman yang buruk maka katakan.

I don’t think I can fully bring out my abilities.

Artinya: Saya rasa tidak bisa mengeluarkan kemampuan saya sepenuhnya.

Atau bisa saja.

I am looking for a place where I can work according to my hobbies and talents.

Artinya: Saya mencari tempat dimana bisa bekerja sesuai dengan hobi dan bakat saya.

3. Apa alasan anda melamar kerja di perusahaan kami?

Di kota saya pertanyaan berikut sering kerap dilemparkan pada calon karyawan sebab bertujuan untuk mengetahui niat orang tersebut, banyak dari mereka gagal karena dalam persoalan ini mengutamakan soal gaji yang tinggi dari pada mencari pengalaman dan pengabdian.

Bekerja memang soal mencari uang namun akan lebih baiknya bila menekan rasa ambisius tersebut dan fokus pada pengalaman karena bila memang nanti kualitas kamu sudah bagus pasti akan dicari oleh uang. Jadi jawablah dengan halus dan cara penyampaian yang tepat seperti contohnya.

I feel right here because the place of work I want here is the same as the field I have been working on so far, besides that, I am looking for this kind of work experience.

Artinya: Saya kesini merasa cocok karena tempat pekerjaan yang saya inginkan disini sama dengan bidang yang saya tekuni selama ini, selain itu pengalaman bekerja seperti ini ya memang saya cari.

4. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami

Setelah adanya pengajuan tentang apa tujuan kamu datang dan memilih perusahaan tersebut pastinya akan muncul pertanyaan tentang informasi apa saja yang kamu ketahui hingga tertarik untuk melamar kedalam perusahaan tersebut.

Perasaan perekrut tidaklah beda mereka pasti mencari penilaian masyarakat kepada produk mereka, disisi lain juga mencari tahu apakah kamu memang menaruh surat lamaran hanya pada mereka karena tertarik atau memang kamu asal menaruh di beberapa pabrik karena tidak dapat pekerjaan.

Oleh sebab itu wajib bagi kamu mengetahui sedikit banyaknya informasi dari perusahaan tersebut.

Previously, I sought information about several companies through the help of the media and friends who were already in the industry. My decision to prioritize this company on the grounds of feeling it fits my experience.

Artinya: Sebelumnya saya mencari informasi tentang beberapa perusahaan melalui bantuan media dan teman yang sudah masuk pada industri.

keputusan saya mengutamakan perusahaan ini dengan alasan merasa cocok serupa pengalaman saya.

5. Mengapa anda mengharapkan posisi tersebut ?

Mungkin pertanyaan ini hanya berlaku bagi kalian yang ingin mendapatkan posisi menengah ke atas.

Tentu saja pihak industri tidak ingin mendapatkan orang yang salah, oleh sebab itu pertanyaan akan lebih diperketat agar tahu sampai seberapa semangat kerja orang yang mengajukan diri.

Jangan pernah sekali – kali merasa jago didepan orang meskipun kamu mampu, jadi tetaplah merendah dan seolah – olah jabatan tidak ada artinya di depanmu.

I submitted myself to the position because I felt that my experience and knowledge had been related to that position, therefore I thought that I could practice my knowledge and increase my experience.

Artinya: Saya mengajukan diri dijabatan tersebut karena saya merasa pengalaman dan pengetahuan selama ini berhubungan dengan posisi itu, maka dari itu saya berfikir bila dapat mengamalkan ilmu dan menambah pengalaman saya.

6. Apakah anda pernah mendapatkan penghargaan ?

Tunjukan prestasi yang pernah kamu capai saat waktu sekolah dulu hingga saat ini, bila tidak pernah mendapatkan penghargaan sama sekali maka tunjukkan nilai terbaik kamu saat kuliah atau atas dasar apa atasan kamu suka pada pribadimu. Kamu juga bisa meniru contoh bahasa inggris berikut untuk menjawab perekrut nantinya.

I once got the highest score in **** lessons when I was in college, until I won the **** champion when competing on behalf of ****.

Artinya: Saya pernah mendapatkan nilai paling tinggi dalam pelajaran **** sewaktu kuliah, hingga pernah mendapatkan juara **** sewaktu berkompetisi mewakili nama ****.

Atau bila sudah pernah bekerja.

In the past, when I was still an employee at a company **** my boss often relied on me to work in the **** department because it stood out the most.

Artinya: Dulu sewaktu masih menjadi karyawan pada perusahaan **** atasan sering mengandalkan saya berkerja pada bagian **** karena terlihat paling menonjol.

7. Apakah kamu pernah puas dengan pekerjaanmu ?

Jangan sampai terpancing bila muncul pertanyaan jebakan yang dapat membuat citra diri kamu menurun didepan perekrut.

Pertanyaan berikut ini sepele namun bila kamu menjawab dengan percaya diri sudah pernah puas dalam bekerja berarti semangatmu untuk lebih baik terbilang kecil karena menganggap pekerjaan masih ada titik puasnya.

Tenang saja kamu bisa menggunakan kata – kata di bawah ini bila muncul percakapan seperti itu.

I would be satisfied working as a group to bring together differences of opinion in order to build on the goals we agreed upon previously.

Artinya: Saya akan merasa puas bila bekerja secara kelompok menyatukan perbedaan pendapat demi membangun tujuan yang telah kita sepakati sebelumnya.

8. Apa pekerjaan yang kamu sukai ?

Maksud melakukan pertanyaan ini kemungkinan besar untuk mengetahui pribadi kamu karena bila pekerjaan yang akan diberikan sejalan dengan hobi maka akan menimbulkan semangat bekerja yang luar biasa.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut katakan terus terang saja mulai dari yang kamu sukai hingga yang tidak kamu senangi.

Agar kamu dapat mengerti apa yang maksud sebagai contohnya saya akan menggambarkan seseorang yang suka menghafal bahasa baru.

I like to work on foreign languages ​​because I find it challenging to memorize them. In fact, I never felt that it was a job, but I was more inclined towards a hobby, so my mindset is that if this hobby can generate why I don’t do it.

Artinya: Saya suka bekerja tentang bahasa asing karena menurut saya tantangan saat menghafalnya.

Bahkan saya tidak pernah merasa itu sebagai pekerjaan namun lebih cenderung ke hobi jadi pola fikir saya bila hobi tersebut dapat menghasilkan kenapa tidak saya lakukan.

9. Tempat kerja seperti apa yang kamu cari ?

Tanya jawab berikut ini juga merupakan jebakan sama seperti di atas tadi jadi tetap hati – hati saat menjawab pertanyaan.
Jangan menunjuk posisi yang diimpikan oleh banyak orang karena takutnya pihak perusahaan akan menilaimu buruk.
For me all places are opportunities where I can have a career, I believe that a new place will bring new experiences and new knowledge so my learning development may be much faster because of the new environment.
Artinya: Bagi saya semua tempat merupakan peluang dimana saya bisa berkarir, saya meyakini bahwa tempat baru akan membawa pengalaman baru dan pengetahuan baru jadi perkembangan belajar saya mungkin bisa jauh lebih cepat sebab lingkungan yang baru.

10. Di manakah kamu berada pada beberapa tahun ke depan ?

Apakah kamu memiliki gambaran mengenai hal tersebut? Jawab pertanyaan tersebut sambil membayangkan mengejar mimpi dengan cara bekerjasama oleh perusahaan yang saat ini kamu lamar.

Jadi jawaban tersebut seakan – akan bisa menjadi senjata alasan diterimanya didalam pabrik sebab mereka akan berfikir bahwa kamu datang demi untuk tujuan maju bersama – sama.

I believe with a sense of wanting to grow and passion like today tomorrow will be someone who is an expert in the field that I am working on not to mention that a job like the one I submitted to this company is in line with my need to grow.

Artinya: Saya percaya dengan rasa ingin berkembang dan semangat seperti saat ini besok akan menjadi seseorang yang ahli dalam bidang yang saya tekuni belum lagi pekerjaan seperti yang saya ajukan pada perusahaan ini sejalan dengan kebutuhan saya untuk berkembang.

11. Berapa jumlah gaji yang anda harapkan?

Didalam dunia perusahaan yang diutamakan semangat untuk bekerja, keinginan untuk berkembang, dapat bekerja individual maupun team dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan kualitas diri dalam bekerja.

Bagi calon pegawai yang memang sudah berpengalaman dan memang benar – benar paham tentang bidang yang akan dikerjakan maka wajar bila mematok sesuai dengan kualitas kerjanya.

Namun bila skill kamu belum memumpuni atau bahkan belum punya pengalaman bekerja sama sekali maka jawab saja seperti ini.

I came here with the aim of developing my skills and looking for work experience, while for salary issues later you can pay according to the quality I have.

Artinya: Saya datang kesini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan saya dan mencari pengalaman kerja, sedangkan untuk masalah gaji nanti anda bisa membayar sesuai dengan kualitas yang saya miliki.

12. Apakah ada yang perlu ditanyakan ?

Mau kamu tahu atau tidak alasan perusahaan tersebut memperkerjakan dirimu tetap ajukan pertanyaan agar terlihat memiliki semangat bekerja, kamu pakai pertanyaan umum seperti.

Do you have a sample project that I will work on the next time I get accepted to work here?

Artinya: Apakah anda memiliki contoh proyek yang akan saya kerjakan bila nanti saya diterima berkerja di sini?

Tidak harus menghafalkan semua contoh interview dalam bahasa inggris tadi karena sebenarnya yang paling utama adalah persiapan metal.

Jadikan dialog interview kerja dalam bahasa inggris singkat tadi hanya sebagai wawasan agar lebih matang menghadapi perekrut.

Penutup

Meskipun menggunakan bahasa inggris pada dasarnya wawancara tetaplah sama seperti pada umumnya jadi tidak ada yang perlu ditakutkan, anggap saja berbicara dengan teman yang lebih tua agar bisa lebih santai dan rapi saat menjawab pertanyaan.

Apapun jawabanmu nanti usahakan penyampaian kata selalu halus dan enak untuk didengar.

Leave a Comment