Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email di HP Terbaru 2024

Dalam era digital saat ini, penggunaan perangkat mobile semakin meningkat dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu keuntungan dari penggunaan perangkat mobile adalah kemampuannya untuk mengirim email dengan cepat dan mudah. Hal ini sangat penting dalam konteks melamar pekerjaan, di mana pengiriman lamaran kerja melalui email menjadi pilihan yang umum. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengirim lamaran kerja melalui email di perangkat mobile. Berikut adalah gambaran singkat tentang subjudul yang akan dibahas.

Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email

Persiapan Sebelum Membuat Lamaran Kerja Lewat Email di HP

Sebelum mengirim lamaran kerja melalui email di perangkat mobile, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan alamat email dan koneksi internet Anda berfungsi dengan baik. Pastikan Anda memiliki akses yang stabil dan cepat ke internet agar tidak ada masalah saat mengirim email. Selain itu, pastikan alamat email yang Anda gunakan profesional dan sesuai dengan nama Anda.

Selanjutnya, siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti resume, surat lamaran, dan portofolio jika diperlukan. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah dalam format yang sesuai dan siap untuk dilampirkan dalam email.

Terakhir, lakukan riset tentang perusahaan dan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Ketahui sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut, misalnya visi dan misi, nilai-nilai perusahaan, dan proyek-proyek terkini. Selain itu, pahami juga persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan yang Anda lamar.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik

Surat lamaran kerja adalah salah satu elemen penting dalam email lamaran kerja. Berikut adalah beberapa tips untuk menulis surat lamaran kerja yang efektif. Pertama, pastikan surat lamaran Anda singkat, jelas, dan terfokus. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan berbelit-belit. Sampaikan dengan jelas mengapa Anda tertarik dengan posisi pekerjaan tersebut dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

Selanjutnya, buatlah kalimat pembuka yang menarik perhatian penerima lamaran. Gunakan kalimat pembuka yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian penerima lamaran. Misalnya, Anda bisa memulai dengan sebuah pertanyaan menarik atau sebuah pernyataan yang menggambarkan minat Anda terhadap perusahaan tersebut.

Terakhir, tekankan keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Jelaskan dengan jelas bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda dapat berkontribusi pada perusahaan tersebut. Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda telah mengaplikasikan keterampilan dan pengalaman tersebut dalam pekerjaan sebelumnya.

Tips Menyusun CV yang Menarik Perhatian Penerima Lamaran

Tips Menyusun CV yang Menarik

Selain surat lamaran, CV juga merupakan bagian penting dari email lamaran kerja. Berikut adalah beberapa tips untuk menyusun CV yang menarik perhatian penerima lamaran. Pertama, pastikan CV Anda terformat dengan baik dan terorganisir dengan rapi. Gunakan format yang mudah dibaca dan jelas. Jangan menggunakan font yang terlalu kecil atau terlalu besar.

Selanjutnya, soroti prestasi dan pencapaian yang telah Anda capai. Jelaskan dengan jelas apa yang telah Anda lakukan dalam pekerjaan sebelumnya dan bagaimana hal tersebut dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang Anda lamar. Berikan contoh konkret tentang proyek-proyek yang telah Anda kerjakan dan hasil yang telah Anda capai.

Terakhir, sesuaikan CV Anda dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Jangan mengirimkan CV yang sama untuk setiap lamaran kerja. Sesuaikan CV Anda dengan persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan tersebut. Jelaskan dengan jelas bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda relevan dengan posisi tersebut.

Cara Menentukan Subjek Email yang Tepat untuk Lamaran Kerja

Cara Menentukan Subjek Email untuk Lamaran Kerja

Subjek email adalah hal pertama yang dilihat oleh penerima lamaran kerja. Oleh karena itu, penting untuk menentukan subjek email yang tepat agar lamaran kerja Anda tidak terlewatkan. Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan subjek email yang tepat. Pertama, pastikan subjek email Anda jelas dan ringkas. Hindari menggunakan subjek email yang terlalu panjang atau ambigu.

Selanjutnya, gunakan subjek email yang spesifik dan relevan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar sebagai seorang desainer grafis, gunakan subjek email seperti “Lamaran Pekerjaan – Desainer Grafis dengan Pengalaman 5 Tahun”. Hal ini akan membantu penerima lamaran mengidentifikasi lamaran kerja Anda dengan cepat.

Terakhir, hindari menggunakan subjek email yang generik atau umum seperti “Lamaran Pekerjaan” atau “Permohonan Kerja”. Subjek email yang generik cenderung terlihat tidak menarik dan tidak menarik perhatian penerima lamaran.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP

Setelah Anda menyiapkan surat lamaran dan CV, saatnya mengirim lamaran kerja melalui email di perangkat mobile. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengirim lamaran kerja melalui email di perangkat mobile. 

  1. Buka aplikasi email di perangkat mobile Anda dan pilih opsi untuk membuat email baru.
  2. Masukkan alamat email penerima lamaran di kolom “To” atau “Kepada”. Pastikan Anda memasukkan alamat email dengan benar dan tidak ada kesalahan pengetikan.
  3. Masukkan subjek email yang relevan dan jelas. Gunakan subjek email yang telah Anda tentukan sebelumnya untuk memastikan lamaran kerja Anda dikenali dengan cepat oleh penerima lamaran.
  4. Selanjutnya, lampirkan surat lamaran dan CV yang telah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan file-file tersebut dalam format yang sesuai dan tidak terlalu besar. Jika perlu, kompres file-file tersebut agar ukurannya lebih kecil.
  5. Setelah itu, tulislah isi email yang singkat dan jelas. Jelaskan dengan singkat mengapa Anda tertarik dengan posisi pekerjaan tersebut dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak Anda seperti nomor telepon dan alamat email.
  6. Terakhir, periksa kembali email Anda sebelum mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan atau kesalahan lainnya dalam email Anda. Juga, pastikan bahwa surat lamaran dan CV telah terlampir dengan benar.

Cara Menjaga Profesionalisme dalam Email Lamaran Kerja

Dalam mengirim lamaran kerja melalui email, penting untuk menjaga profesionalisme dalam setiap aspek email Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga profesionalisme dalam email lamaran kerja. Pertama, gunakan bahasa dan nada yang sesuai. Hindari penggunaan bahasa informal atau singkatan dalam email Anda. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional.

Selanjutnya, hindari penggunaan emotikon atau emoji dalam email lamaran kerja. Emotikon dan emoji cenderung terlihat tidak profesional dan dapat merusak kesan yang Anda coba bangun.

Terakhir, selalu periksa kembali email Anda sebelum mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan atau kesalahan lainnya dalam email Anda. Juga, pastikan bahwa surat lamaran dan CV telah terlampir dengan benar.

Tips Menghindari Kesalahan Umum dalam Email Lamaran Kerja

Dalam mengirim lamaran kerja melalui email, ada beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kesalahan umum dalam email lamaran kerja. Pertama, pastikan Anda memeriksa kembali alamat email penerima sebelum mengirim email. Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan atau kesalahan lainnya dalam alamat email.

Selanjutnya, hindari mengirim email lamaran kerja ke beberapa penerima sekaligus. Setiap lamaran kerja harus dikirimkan secara individual dan personal. Jika Anda ingin melamar ke beberapa perusahaan sekaligus, buatlah email yang terpisah untuk setiap perusahaan.

Terakhir, pastikan Anda telah melampirkan semua dokumen yang diperlukan dengan benar. Periksa kembali email Anda sebelum mengirimkannya untuk memastikan bahwa surat lamaran dan CV telah terlampir dengan benar.

Cara Menyertakan Lampiran dalam Email Lamaran Kerja

Lampiran adalah bagian penting dari email lamaran kerja. Berikut adalah beberapa tips untuk menyertakan lampiran dalam email lamaran kerja. Pertama, pastikan Anda menggunakan format file yang sesuai. Format file yang umum digunakan adalah PDF atau Microsoft Word. Pastikan Anda menggunakan format file yang dapat dibuka oleh penerima lamaran.

Selanjutnya, beri nama file dengan benar. Gunakan nama file yang jelas dan deskriptif. Misalnya, jika Anda melampirkan CV, beri nama file tersebut “CV_NamaAnda.pdf” atau “CV_NamaAnda.docx”. Hal ini akan memudahkan penerima lamaran untuk mengidentifikasi file yang terlampir.

Terakhir, pastikan Anda telah melampirkan semua dokumen yang diperlukan dengan benar. Periksa kembali email Anda sebelum mengirimkannya untuk memastikan bahwa semua lampiran telah terlampir dengan benar.

Tips Menyusun Email Follow-up setelah Mengirim Lamaran Kerja

Setelah mengirim lamaran kerja melalui email, penting untuk melakukan follow-up untuk menunjukkan minat dan ketertarikan Anda terhadap posisi tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk menyusun email follow-up setelah mengirim lamaran kerja. Pertama, tunggu beberapa waktu sebelum mengirim email follow-up. Berikan waktu kepada penerima lamaran untuk meninjau lamaran Anda sebelum mengirim email follow-up.

Selanjutnya, gunakan subjek email yang relevan dan jelas. Misalnya, gunakan subjek email seperti “Follow-up Lamaran Pekerjaan – Nama Anda”. Hal ini akan membantu penerima lamaran mengidentifikasi email follow-up Anda dengan cepat.

Terakhir, tulislah isi email yang singkat dan jelas. Sampaikan kembali minat dan ketertarikan Anda terhadap posisi tersebut. Jelaskan bahwa Anda ingin mengetahui perkembangan lamaran Anda dan siap untuk menjawab pertanyaan lebih lanjut jika diperlukan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP

Setelah mengirim lamaran kerja melalui email di perangkat mobile, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, bersabarlah dan tunggu respons dari penerima lamaran. Proses seleksi dan peninjauan lamaran membutuhkan waktu, jadi bersiaplah untuk menunggu.

Selanjutnya, jika Anda mendapatkan panggilan atau email untuk wawancara, siapkan diri Anda dengan baik. Lakukan riset tentang perusahaan dan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Persiapkan pertanyaan yang ingin Anda ajukan selama wawancara dan latihlah jawaban Anda.

Terakhir, lanjutkan pencarian pekerjaan Anda. Jangan berhenti mencari pekerjaan hanya karena Anda telah mengirim lamaran kerja melalui email. Teruslah mencari peluang pekerjaan lainnya dan jangan menaruh semua harapan pada satu lamaran kerja.

Kesimpulan

Mengirim lamaran kerja melalui email di perangkat mobile adalah pilihan yang praktis dan efisien dalam mencari pekerjaan. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengirim lamaran kerja melalui email di perangkat mobile. Mulai dari persiapan sebelum membuat lamaran kerja, cara menulis surat lamaran yang baik dan menarik, tips menyusun CV yang menarik perhatian, cara menentukan subjek email yang tepat, langkah-langkah mengirim lamaran kerja melalui email

Leave a Comment