Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Whatsapp yang Benar

Membuat lamaran kerja adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan. Namun, dengan perkembangan teknologi, cara mengirim lamaran kerja juga mengalami perubahan. Salah satu cara yang semakin populer adalah melalui aplikasi pesan instan seperti Whatsapp. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah dan tips untuk membuat lamaran kerja melalui Whatsapp. Mengetahui cara yang tepat untuk membuat lamaran kerja melalui Whatsapp sangat penting karena dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

cara membuat lamaran kerja lewat whatsapp

Persiapan Sebelum Membuat Lamaran Kerja Lewat Whatsapp

Sebelum Anda mengirim lamaran kerja melalui Whatsapp, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan Anda memeriksa situs web dan media sosial perusahaan yang Anda tuju. Ini akan memberikan informasi tentang nilai-nilai perusahaan, budaya kerja, dan posisi yang tersedia. Dengan mengetahui informasi ini, Anda dapat menyesuaikan pesan lamaran kerja Anda agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selanjutnya, pastikan Anda memiliki foto profil dan status yang profesional di Whatsapp. Foto profil yang baik dan status yang sesuai akan memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan. Jadi, pastikan foto profil Anda terlihat profesional dan status Anda mencerminkan minat dan keterampilan Anda.

Terakhir, pastikan nomor telepon Anda terupdate dan aktif. Jika nomor telepon Anda tidak aktif atau tidak dapat dihubungi, perusahaan tidak akan dapat menghubungi Anda untuk proses seleksi lebih lanjut. Jadi, pastikan nomor telepon Anda aktif dan mudah dihubungi.

Menentukan Tujuan dan Target Perusahaan yang Dituju

Sebelum Anda mengirim lamaran kerja melalui Whatsapp, penting untuk menentukan tujuan dan target perusahaan yang ingin Anda tuju. Lakukan penelitian tentang latar belakang perusahaan dan nilai-nilai yang mereka pegang. Ini akan membantu Anda memahami budaya kerja perusahaan dan memastikan bahwa Anda cocok dengan perusahaan tersebut.

Selain itu, pahami posisi pekerjaan yang Anda lamar dan persyaratan yang diperlukan. Dengan memahami posisi dan persyaratan tersebut, Anda dapat menyesuaikan pesan lamaran kerja Anda agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda dapat mendukung kebutuhan perusahaan.

Menyusun Pesan Lamaran Kerja yang Menarik

Saat menyusun pesan lamaran kerja melalui Whatsapp, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, mulailah dengan pengenalan yang jelas dan tujuan Anda mengirim lamaran kerja. Jelaskan dengan singkat siapa Anda, apa posisi yang Anda lamar, dan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut.

Selanjutnya, sorotlah keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan secara singkat pengalaman kerja Anda yang relevan dan keterampilan apa yang Anda miliki yang dapat mendukung kebutuhan perusahaan. Pastikan untuk menyoroti prestasi-prestasi yang telah Anda capai dalam pekerjaan sebelumnya.

Terakhir, tunjukkan antusiasme dan motivasi Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan dan posisi tersebut, dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang berarti. Menunjukkan antusiasme dan motivasi akan memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan.

Menambahkan CV dan Portofolio dalam Lamaran Kerja Lewat Whatsapp

Selain pesan lamaran kerja, Anda juga perlu menyertakan CV dan portofolio dalam lamaran kerja melalui Whatsapp. Pastikan CV Anda jelas dan ringkas, dengan mencantumkan informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang relevan. Jelaskan secara singkat pengalaman kerja Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Selain itu, sertakan juga prestasi-prestasi yang telah Anda capai dalam pekerjaan sebelumnya. Ini akan memberikan gambaran kepada pihak perusahaan tentang kemampuan dan pencapaian Anda. Jika Anda memiliki portofolio online atau situs web, tambahkan tautan ke CV Anda sehingga pihak perusahaan dapat melihat lebih banyak contoh karya Anda.

Menjaga Etika dan Bahasa yang Baik dalam Lamaran Kerja Lewat Whatsapp

Ketika mengirim lamaran kerja melalui Whatsapp, penting untuk menggunakan bahasa formal dan tata bahasa yang baik. Hindari penggunaan bahasa slang atau singkatan yang tidak formal. Gunakan bahasa yang sopan dan hormat dalam pesan lamaran kerja Anda.

Selain itu, pastikan untuk menjaga etika yang baik dalam komunikasi dengan perusahaan. Jangan mengirim pesan yang tidak pantas atau tidak profesional. Jaga sikap yang sopan dan hormat dalam setiap interaksi dengan perusahaan.

Memperhatikan Waktu Pengiriman Lamaran Kerja Lewat Whatsapp

Ketika mengirim lamaran kerja melalui Whatsapp, perhatikan waktu pengiriman pesan. Kirim pesan selama jam kerja agar pihak perusahaan dapat segera merespons. Hindari mengirim pesan pada akhir pekan atau hari libur, karena kemungkinan besar pesan tersebut tidak akan segera dibaca atau ditanggapi.

Selain itu, pertimbangkan juga zona waktu perusahaan. Jika perusahaan berada di zona waktu yang berbeda, pastikan untuk mengirim pesan pada waktu yang sesuai dengan zona waktu perusahaan. Hal ini akan memastikan bahwa pesan Anda diterima dan ditanggapi dengan baik.

Menunggu Balasan dari Perusahaan dan Menyusun Strategi Follow-Up

Setelah Anda mengirim lamaran kerja melalui Whatsapp, bersabarlah menunggu balasan dari perusahaan. Jangan terlalu tergesa-gesa atau terlalu sering mengirim pesan follow-up. Berikan waktu yang wajar bagi perusahaan untuk meninjau lamaran Anda sebelum Anda mengirim pesan follow-up.

Jika setelah waktu yang wajar Anda belum menerima balasan, Anda dapat mengirim pesan follow-up untuk mengekspresikan minat dan antusiasme Anda terhadap posisi tersebut. Pastikan pesan follow-up Anda singkat, jelas, dan sopan. Tunjukkan minat Anda untuk melanjutkan proses seleksi dan tanyakan apakah ada informasi tambahan yang perlu Anda berikan.

Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Perusahaan

Ketika berkomunikasi dengan perusahaan melalui Whatsapp, penting untuk merespons dengan cepat dan sopan. Jangan menunda-nunda atau mengabaikan pesan dari perusahaan. Pastikan untuk menjawab pertanyaan atau permintaan informasi dengan jelas dan tepat waktu.

Selain itu, ajukan pertanyaan yang relevan dan klarifikasi jika ada hal yang tidak Anda pahami. Ini akan menunjukkan minat dan keterlibatan Anda terhadap posisi tersebut. Juga, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan apresiasi terhadap waktu dan perhatian yang diberikan oleh perusahaan.

Contoh Kata-Kata Mengirim Lamaran Kerja Lewat Whatsapp

Berikut adalah contoh pesan lamaran kerja melalui Whatsapp yang baik dan menarik:

“Halo, saya (nama lengkap) dan saya tertarik dengan posisi (nama posisi) yang tersedia di perusahaan Anda. Saya memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun di bidang ini dan telah berhasil mencapai beberapa prestasi dalam pekerjaan saya sebelumnya. Saya sangat tertarik dengan perusahaan Anda karena nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan sejalan dengan nilai-nilai yang saya anut. Saya percaya bahwa keterampilan dan pengalaman saya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.”

“Terlampir CV saya yang berisi informasi lebih lanjut tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang saya miliki. Saya juga memiliki portofolio online yang dapat Anda lihat di (tautan portofolio). Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dan membahas lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi pada perusahaan Anda. Terima kasih atas perhatian Anda dan saya sangat menghargai waktu yang telah diberikan.”

Tips dan Trik untuk Membuat Lamaran Kerja Lewat Whatsapp yang Sukses

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membuat lamaran kerja melalui Whatsapp yang sukses:

1. Lakukan penelitian tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

2. Sertakan foto profil dan status yang profesional di Whatsapp.

3. Pastikan nomor telepon Anda terupdate dan aktif.

4. Mulailah pesan lamaran kerja dengan pengenalan yang jelas dan tujuan Anda.

5. Sorot keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

6. Tunjukkan antusiasme dan motivasi Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

7. Sertakan CV yang jelas dan ringkas, serta portofolio online jika ada.

8. Gunakan bahasa formal dan tata bahasa yang baik dalam pesan lamaran kerja.

9. Kirim pesan selama jam kerja dan pertimbangkan zona waktu perusahaan.

10. Bersabarlah menunggu balasan dari perusahaan dan kirim pesan follow-up jika perlu.

11. Merespons dengan cepat dan sopan dalam komunikasi dengan perusahaan.

12. Ajukan pertanyaan yang relevan dan jangan lupa mengucapkan terima kasih.

Kesimpulan

Membuat lamaran kerja melalui Whatsapp adalah cara yang efektif dan efisien untuk mencari pekerjaan. Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah dan tips untuk membuat lamaran kerja melalui Whatsapp. Penting untuk melakukan persiapan sebelum mengirim lamaran kerja, menentukan tujuan dan target perusahaan, menyusun pesan lamaran kerja yang menarik, menambahkan CV dan portofolio, menjaga etika dan bahasa yang baik, memperhatikan waktu pengiriman, menunggu balasan dari perusahaan, menjaga komunikasi yang baik, dan menggunakan contoh kata-kata yang baik. Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Leave a Comment