Tips & Cara Memperkenalkan Diri saat Interview Lulusan SMK Fresh Graduate

Pahami disini tips dan cara memperkenalkan diri saat interview lulusan SMK fresh graduate. Saat-saat interview sewaktu ada panggilan kerja akan muncul beberapa perasaan campur aduk antara senang, ragu, dan bingung.

Cara Memperkenalkan Diri saat Interview Lulusan SMK Fresh Graduate

Apalagi untuk pelamar kerja lulusan baru yang memang belum punya pengalaman dalam melewati tahap tes dan interview oleh HRD dalam suatu perusahaan.

Pengalaman Tes dan Interview Fresh Graduate

Artikel ini akan saya ambil dari kisah pengalaman saya sendiri di waktu melewati prosesi perekrutan tenaga kerja di beberapa perusahaan besar.

Di kala itu saya melamar kerja lewat jalur offline yaitu meletakkan surat lamaran kerja di pos satpam tanpa lewat email. Karena informasi yang saya dapatkan dari teman kalau perusahaan tersebut sedang membuka lowongan kerja.

Setelah menanti beberapa hari dan saya juga sempat menghubungi lewat telepon perusahaan yang tersambung ke HRD.

Mereka menjelaskan disuruh bersabar menunggu karena memang harus melewati prosedur penerimaan pekerja.

Singkat cerita di hari ketujuh saya mendapatkan panggilan tes tulis dan interview via telepon dari perusahaan tsb. Seneng dong!

Karena saking senangnya saya tak mempersiapkan apa-apa untuk tes interview, selain kelengkapan dokumen asli yang harus dibawa.

Setelah memperkenalkan diri dan lain-lain.

Sewaktu HRD menanyakan tentang sekolah SMK saya, disinilah obrolan saya dengan HRD yang juga paham tentang sil-silah tempat sekolah saya akhirnya suasana interview mencair.

Terjalin obrolan yang rileks sampai-sampai saya tak terasa kalau sedang interview, tapi dari sudut pandang HRD tetap karakter diri saya telah terbaca. Karena biasanya pewawancara memang ahli dalam bidang psikologi.

Jangan meniru contoh yang salah ini! jika kalian sampai ke halaman ini maka kalian telah menyiapkan sederet tes wawancara, baik etika berpakaian dan perilaku saat interview.

Etika Yang Baik dan Sopan saat Interview

  • Pakailah atasan kemeja berwarna putih yang rapi dan formal
  • Untuk bawahan gunakan pakaian rapi dan formal utamakan warna hitam berbahan kain bukan jeans
  • Bagi perempuan jangan menggunakan make-up yang berlebihan, lebih baik simpel saja
  • Jika gilaranmu sudah dipanggil untuk masuk ruangan interview ketuklah pintu dan ucapkan salam contoh; “Permisi, selamat siang / pagi”
  • Tunggu untuk di persilahkan baik untuk masuk ruangan atau duduk
  • Usahakan tetap rileks namun tidak kaku dalam posisi duduk
  • Hindari menaruh tangan di atas meja HRD atau pewawancara
  • Tatap mata lawan bicara, jika kalian tidak pede dengan kontak mata trik untuk menatap mata orang agar percaya diri adalah melihat dibagian alis, fokus tengah di atas hidung antara kedua mata baca lebih lanjut disini

Tips dan Cara Memperkenalkan Diri saat Interview Lulusan SMK Fresh Graduate

Berikut ini adalah contoh cara memperkenalkan diri saat interview lulusan SMK atau SMA sederajat. Silahkan ucapkan secara jujur, lugas, percaya diri dan tidak berbelit-belit agar kalian tidak dianggap seseorang yang bertele-tele.

Yuk simak beberapa pertanyaan dan jawaban yang tepat saat interview bagi fresh graduate di pabrik atau perusahaan:

1. Pertanyaan pertama kali “Coba perkenalkan diri Anda ?”

Contoh jawaban: 
Nama saya Nadia Putri, Alamat Jl. Cempaka No 5A Karawang, Saya lulusan baru SMK dengan jurusan multimedia. Saya seseorang yang antusias terhadap perkembangan teknologi multimedia. Saya berpengalaman sebagai ketua tim dalam ajang lomba animasi 3D tingkat nasional.
Jika kalian menghadapi pertanyaan seperti ini di awal maka HRD bermaksud membaca perilaku atau sikap seseorang pelamar kerja. Saran jawablah pertanyaan dengan semangat dan antusias namun tetap sewajarnya. 
Meskipun kadang-kadang pewawancara melontarkan pertanyaan santai, meski begitu tujuannya adalah mengecek kebenaran data yang berada di dokumen Curriculum Vitae. Kamu harus tetap hati-hati dalam pertanyaan yang terlontar sesantai apapun. 
Misalnya:
  • Benar nama lengkap Anda? pertanyaan tentang kebenaran data diri
  • Tinggal dimana, di kos, kontrakan atau rumah sendiri? pertanyaan tentang keadaan
  • Kesini naik kendaraan apa? pertanyaan tentang kemandirian
  • Dari manakah Anda tau lowongan kerja di perusahaan ini? untuk mengecek kedetailan informasi yang kamu dapatkan
  • Jam berapa Anda sampai disini? untuk menanyakan displin waktu

2. Pertanyaan latar belakang kepribadian pelamar kerja

Biasanya pertanyaan ini untuk mengetahui latar belakang seseorang calon pekerja antara lain; anak ke berapa dari berapa saudara, pekerjaan orang tua, ceritakan tentang keluarga Anda, kegiatan yang dilakukan setelah lulus sekolah.

Contoh jawaban:

Saya adalah anak pertama dari dua saudara, pekerjaan orang tua saya adalah buruh pabrik. Saya beranggotakan 4 orang dalam satu keluarga. Kegiatan saya setelah lulus sekolah adalah aktif dalam organisasi karang taruna dengan menyumbang kemampuan desain grafis untuk kebutuhan organisasi.

Pertanyaan tersebut bertujuan untuk mengetahui pribadi yang seperti apa yang kamu miliki. Kamu merupakan orang yang produktif bukan orang yang pemalas, pengalaman berorganisasi dalam tim kerja, kualitas kepribadian dan keinginan untuk berkembang.

3. Pertanyaan latar belakang pendidikan 

Sebagai lulusan baru untuk memperkenalkan diri saat interview mengenai latar belakang pendidikan sebaiknya usahakan sesuai dengan kualifikasi apa yang kamu lamar. Jika jurusan SMK yang kamu miliki tidak sesuai dengan bagian yang kamu lamar jelaskan secara logis.

Contoh:

  • Lulusan SMK dengan jurusan apa? pertanyaan interview tentang minat dan bakat
  • Kenapa memilih SMK dengan jurusan tersebut? pertanyaan tentang kepercayaan diri untuk memilih suatu pilihan

4. Pertanyaan interview tentang perusahaan

Sebaiknya pahami tentang perusahaan apa untuk mendapatkan nilai tambah dalam tahap tes dan interview.

Jadilah lebih baik dari kompetitor pelamar lainnya, jika kamu memahami tentang detail perusahaan yang sedang kamu lamar mengenai sejarah pabrik, bergerak dibidang apa, bagian yang kamu lamar itu di departemen yang bagaimana.

5. Pertanyaan kenapa tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Sebagai jaga-jaga jika HRD menanyakan hal mengapa kamu tidak melanjutkan kuliah? jawabnya adalah:

Opsi A: Saya tidak kuliah karena ingin mandiri tidak mau merepotkan orang tua untuk membiayai kuliah.
Opsi B: Saya tidak kuliah karena saya adalah tulang punggung keluarga dan adek-adek saya pak/bu.

6. Jika ditanya gaji saat interview untuk fresh graduate

Kalau pertanyaan masalah gaji disaat interview untuk lulusan baru maka tipsnya adalah pahami UMK di daerah tempat perusahaan yang kamu lamar.

Kesimpulan:

Banyak hal yang akan dinilai dalam proses interview oleh HRD dalam sesi perekrutan tenaga kerja bagi fresh graduate dalam artikel khusus untuk SMK. Selain itu dapat diterapkan untuk SMA sederajat atau kuliah. 
Kejujuran, kedisplinan, kepercayaan diri, kesungguh-sungguhan sebagai pekerja di suatu perusahaan sangatlah penting untuk dipahami. Meskipun banyak kemungkinan lainnya untuk diterima kerja di suatu perusahaan, namun alangkah baiknya dipersiapkan sebelum datang untuk tes tulis atau interview.
Saran saya yang pernah bekerja pada beberapa perusahaan yang pada akhirnya resign untuk fokus ke bisnis sendiri adalah jika sudah diterima pada suatu pabrik sebaiknya cari pengalaman sebanyaknya tentang bidang yang kamu jalani.
Untuk berfikir maju beberapa tahap kedepan sebagai owner pemilik perusahaan bukan hanya karyawan. 
Meskipun awalnya kita harus menggali ilmu dari perusahaan orang lain tentang managemen, pemasaran, produksi atau apapun ilmu yang bermanfaat dalam lingkup perusahaan tersebut.
Baca juga: contoh interview dalam bahasa Inggris singkat beserta artinya link
Sebaiknya berfikir bukan semata-mata mencari uang, tapi mencari modal dan pengalaman untuk mengelola bisnis atau mini perusahaan. Semoga sukses selalu!

Leave a Comment